Minggu, 28 Oktober 2018

Richard Fortus: Gitaris Guns N’ Roses

Kali ini kita akan membahas mengenai salah seorang pentolan yang sejak tahun 2002 bergabung bersama Guns N’ Roses. Gitaris kawakan tersebut adalah Richard Fortus. Dikenal sebagai salah seorang gitaris dengan penampilan yang cukup “Nyentrik” serta penampilannya yang energik membuat sosoknya mudah untuk dikenali.



 Richard Fortus: Gitaris Guns N’ Roses
Richard Fortus Bersama Slash
Credit Image @4tus


Masa-masa Awal Richard Fortus.


Richard Fortus lahir pada tanggal 17 November tahun 1966 di St. Louis, Missouri Amerika Serikat. Richard Fortus dikenal karena ahli bermain dalam beberapa genre musik semisal Hard Rock, Alternative Rock, Post-Punk, Heavy Metal, dan New Wave. Selain itu sosoknya dikenal baik sebagai seorang musisi, penulis lagu, guitaris dan juga seorang produser.

Richard mampu memainkan dengan baik beberapa alat musik semisal violin, bass, drum dan tentu saja gitar. Bagi Richard alat musik bukanlah sesuatu yang baru. Semenjak berusia 4 tahun dia telah belajar Violin dan pada usia 5 tahun dia mulai belajar mengebuk drum.

Richard Fortus adalah seorang pemain utama yang luar biasa..!! dan Ia sangat terampil baik secara teknis maupun skill pribadi. Bagiku Richard terbukti adalah sosok profesional yang selama ini kami cari. -AXL Rose-

Bagi Richard musik adalah dunianya dan dia sungguh-sungguh mendalami musik. Dia pernah belajar di Southern Illinois University dan Conservatory of the Arts in St. Louis semuanya mengambil jurusan musik. Richard juga aktif dalam orkes Symphoni di wilayah St. Louis.

Richard membentuk band pertamanya bernama “The Eyes” pada tahun 1984  dan langsung merilis single berjudul “Freedom in a Cage”. Pada tahun 1990 mereka berganti nama menjadi “Pale Divine” dan kemudia menandatangani kontrak dengan Atlantic Record saat merilis “Straight to Goodbye” pada tahun 1991.

Bersama Pale Divine, Fortus menjadi band pendukung untuk Psychedelic Furs. Bersamaan dengan hal ini Richard Fortus menjalin hubungan baik dengan  Vocalis Furs “Richard Butler”. Kemudian Richard melanjutkan tour bersama Furs namun kali ini posisinya sebagai anggota band. Seiring berjalannya waktu Richard bersama Butler membentuk sebuah band sendiri yang diberi nama “Love Split Love”.

Namanya semakin meroket di dunia industri musik. Pada tahun 1994 Album mereka bertajuk Eponymus diliris. Richard sendiri memproduseri dan juga menulis lirik untuk album kedua bandnya di Maverick Records. Hingga kini hubungnan diantara mereka masih terjalin lancar.


 Richard Fortus: Gitaris Guns N’ Roses
Richard Fortus
Credit Image @4tus



Pada akhir tahun  1990an Richard termasuk salah satu musisi yang aktif dalam industri musik. Dia mengisi posisi sebagai komposer, mengisi beberapa sountrack film dan turut serta dalam beberapa tour konser. Pada masa itu Richard termasuk salah satu musisi tamu yang paling dibutuhkan di New York.

Sepak terjangnya dalam industri musik semakin diakui pada sekitar tahun 2000an Richard mulai mengisi beberapa soundtrack vidio game, Iklan TV, berbagai acara, trailer film, dan film untuk sountrack. Oleh Michael Halsband, Richard secara khusus ditunjutk untuk mengisi soundtrack film “Smurf”.


Bergabung Dengan Guns N’ Roses.


Pada penghujung tahun 2001 Richard mulai masuk dan bergabung dengan Guns N’ Roses. Dia sendiri memberikan sumbangsih yang cukup besar untuk album Guns N’ Roses “Chisese Democrazy”. Pada waktu-waktu setelahnya Richard turut serta dalam Tour Konser mempromosikan album “Chinese Democrazy”.

Selama Guns N’ Roses “rehat” dalam 10 tahun terakhir, Richard mengisi waktunya untuk mengisi musik baik di dapur rekaman maupun saat tampil di panggung dari beberapa artis ternama seperti Rihana, Enrique Iglesias, Thin Lizzy, Lena dan beberapa artis lainnya.  Richard sangat aktif mengisi baik sountrack film maupun soundtrack video games. Beberapa soundtrack film yang dikerjakan Richard sebut saja “Fast And The Furious”.

Hingga kini Richard masih terus aktif dalam berkolaborasi dengan beberapa artis ternama. Baik sebagai artis  tamu maupun membantu dalam mengaransemen sebuah lagu. Dalam tour konser Guns N’ Roses bertajuk “Not In This Lifetime” Richard tampil memukau bersama personel pentolan Guns N’ Roses lainnya. Baik Axl Rose maupun Slash sangat menyukai dan senang bekerjasama dengan Richard Fortus. 




EmoticonEmoticon