Senin, 08 Oktober 2018

Andi Deris: Si Jenius Vocalis Helloween

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu grub band beraliran Power Metal papan atas Helloween? Untuk sebagian besar para penikmat musik beraliran “Metal” tentu saja memiliki list-list lagu dari Helloween dan akrab dengan suara sang Vocalis Helloween- “Andi Deris”.



Andi Deris
Credit Image @andideris_official_fanpagebr



Andi Deris Muda


Andi Deris lahir di Karlshuhe, salah satu wilayah di Negara Jerman pada 18 Agustus 1964.  Andi Deris sendiri termasuk salah seorang musisi yang tergolong jenius pencipta lagu dan serba bisa.  Semangat dan bakat bermusiknya telah ditekuninya sejak masih berusia sangat muda.

Pada usia 15 tahun Andi Deris telah berani membentuk bandnya sendiri yang diberi nama “Paranoid”. Beberapa waktu kemudian Andi Deris memutuskan untuk mengubah nama bandnya menjadi “Nameless”. Dan bersama beberapa rekan band pertamanya mulai menulis dan mengaransemen lagu mereka sendiri. Hal inilah yang kemudian membentuk karakteristik bermusik dari seorang Andi Deris.

Pada penghujung tahun 1984 Andi Deris kemudian memutuskan untuk bergabung dengan grub band “Dragon”. Bersama band Dragon inilah Andi Deris bersama teman-teman bandnya mulai mengisi beberapa konser kecil di negara Jerman.

Perubahan berarti terjadi pada sekitar tahun 1986, saat itu Andi Deris bersama teman-teman Dragon-nya (Oscar dan Blasio Di Bros) memutuskan untuk memasuki dapur rekaman untuk merekam lagu-lagu mereka di salah satu studio rekaman di Muchen. Selama proses rekamana berlangsung secara tidak sengaja mereka berkenalan dengan seorang drumer Daniel De Niro. Mereka kemudian memutuskan untuk membentuk sebuah grub band dan Andi Deris mengajak sahabat masa kecilnya semasa di band Paranoid “Ralf Mauer” untuk memberi nama bandnya “KYMERA”.


Baca Juga:


Andi Deris : Kymera dan Pink Cream 69

Di Kymera sendiri Andi Deris memainkan peranan yang sangat penting, sebagai vocalis dan juga sekaligus penulis lagu Andi Deris berhasil membuat Kymera menjadi salah satu band yang cukup disegani. Sahabatnya Ralf Mauer memutuskan keluar dari Kymera dan digantikan oleh Kosta Zafiriou. Ralf Mauer mengundurkan diri karena melanjutkan pendidikannya ke Universitas.  Dan kemudian pada awal tahun 1989 Andi Deris bersama Kosta Zafiriou memutuskan “hengkang” dari Kymera dan membentuk sebuah grub band baru bernama “Pink Cream 69”.

Di band Pink Cream 69 bintar Andi Deris semakin bersinar.  Posisinya sebagai salah satu vocalis band mulai memasuki kancah internasional. Andi dan Pink Cream 69 berhasil menandatangi kontrak dengan Sony Music dan melakukan beberapa kali tour konser keliling dunia semisal Jepang, beberapa negara di Amerika dan Eropa.


Menjadi Vocalis Helloween


Pada Awal tahun 1993 grub band Helloween mengalami perubahan personal. Andi Deris kemudian mulai bergabung dan mengisi kekosongan Vocalis Helloween yang sebelumnya diisi oleh Michael Kiske. Segera setelah bergabung Andi segera melakukan beberapa perubahan berarti bagi band Helloween termasuk menulis beberapa lagu yang kemudian membuat nama band Helloween semakin dikenal luas di dunia musik internasional. Puncaknya pada tahun 1996 saat itu merupakan masa kejayaan Andi Deris bersama Helloween, dimana mereka melakukan beberapa konser tour keliling dunia serta penjualan kaset yang fantastis.

Walaupun demikian Andy Deris harus tetap menghadapi tantangan tersendiri. Hal ini karena sebagaian besar penggemar Helloween "Terlanjur" melekat dengan ciri khas vocal dari sang pendahulu Helloween "Michael Kiske". Kedua Vocalis ini memang masing-masing memiliki ciri khas yang melekat kepada para penggemarnya. Jangan pernah meragukan kemampuan seorang Andy Deris dalam menyanyikan lagu Power Metal, Hard Rock,  maupun Ballad- Andy Deris adalah masternya. Ia mampu menyanyikan dengan style-nya yang unik. Ia dapat menyanyikan sebuah lagu dengan nada yang "Serak" maupun "Merdu" dengan sangat baik. Sosoknya dapat tampil sangar dan gahar namun dapat juga sangat lembut dan charming.

Salah satu kelebihan Andy Deris adalah kelebihannya dalam menginporivsasi sebuah lagu. Lagu yang sama dapat dinyanyikan secara berbeda namun tetap kedengaran "enak" di telinga. Seperti contoh dalam album Gambling with the Devil ia meniru gaya Rob Halford dalam lagu Kill It. Dalam lagu Falling Higher, Why, Push, The King For 1000 years dan beberapa lagu lainnya vocalnya yang khas begitu terasa.

Selama perjalanan karier musiknya, Andi Deris berada paling lama di band Helloween, boleh dibilang Helloween terangkat berkat sosok Andi Deris dan begitu juga sebaliknya, Andi Deris semakin terkenal berkat karyanya di Helloween.


Andi Deris
Andi Deris



Andi Deris memiliki seorang anak bernama Ron yang lahir sekitar tahun 1990. Di antara teman-temannya Andi Deris dikenal sebagai sosok yang Jenius, kirtis dan sesekali suka melemparkan candaan bernada sinis. Selain bersama Helloween, Andi Deris juga beberapa kali mengeluarkan solo Album dan  juga solo.

Dalam beberapa wawancara Andi Deris menyatakan bahwa ia memiliki ciri khas tersendiri dengan para penulis lagu lainnya. Jika para penulis lainnya sering melemparkan kritik terhadap masalah politik dan ekonomi dalam karya-karya mereka. Beda halnya dengan Andi Deris, ia murni menulis lagu tentang pandangan pribadinya terhadap dunia- sebuah pandangan yang lebih luas.


EmoticonEmoticon